Judul : Ketahui Dasar-Dasar Search Engine Marketing Masa Kini
link : Ketahui Dasar-Dasar Search Engine Marketing Masa Kini
Ketahui Dasar-Dasar Search Engine Marketing Masa Kini
Ada beberapa format dalam search engine marketing, yakni text dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual. Dalam sistem search engine marketing Anda dapat melakukan request terhadap keyword atau kata kunci yang akan disematkan pada format SEM yang digunakan.
Apa Pentingnya Menggunakan SEM ?
SEM menjadi media promosi yang efektif dan menjadi cara tercepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda. Mengapa? Karena SEM yang efektif dapat menempatkan website Anda di halaman pertama dalam mesin pencarian.
Calon konsumen yang melakukan pencarian akan informasi secara sadar mengunjungi website Anda karena dilakukan atas kemauannya sendiri. Sehingga mereka dalam keadaan yang sangat baik untuk menerima informasi pemasaran dan produk. Berbeda dengan iklan di televisi, radio atau media sosial lainnya yang muncul dengan menginterupsi kegiatan konsumen.
SEM memiliki jenis yang berbeda-beda dan masing-masingnya memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah pay per click. Keuntungan dari jenis SEM ini dapat menghemat biaya pemasaran Anda, karena pemasar hanya membayar iklan bila pengguna internet mengunjungi website saja.
Perbedaan dengan SEO
Pada dasarnya search engine optimization atau SEO merupakan salah satu jenis dari search engine marketing. SEO mengoptimalkan hasil pencarian organik dengan membuat website Anda berada di poisi tertinggi pada halaman hasil pencarian search engine.
Sistem Kerja Search Engine Marketing (SEM)
Search engine masa kini menggunakan algoritma rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian. Namun dengan SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin telusur untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan pencarian organik. Untuk mencapai hasil tersebut, cara ini bisa Anda lakukan ketika ingin mengadopsi layanan search engine marketing:
- Lakukan registrasi pada penyedia layanan search engine marketing.
- Tentukan detail iklan yang diinginkan seperti kata kunci, lokasi dan lain sebagainya.
- Search engine akan melakukan pelelangan antara para pengiklan dengan keyword yang sama.
- Search engine akan menampilkan pemenang lelang pada halaman hasil mesin telusur.
- Anda mendapat laporan kinerja iklan dan selanjutnya membayar sejumlah klik yang didapatkan.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya SEM diwujudkan dengan menyematkan keyword pada format yang digunakan. Sebelum menentukan keyword yang akan disematkan seperti pada poin kedua, biasanya dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui tren apa yang paling banyak dicari saat itu. Lalu dari tren tersebut, tentukan mana yang relevan dan yang memungkinkan dipakai ketika mencari produk atau jasa yang Anda sediakan.
Ketika melakukan riset, Anda juga bisa menambahkan keyword yang berhubungan dengan kegiatan pembelian seperti beli, diskon, kupon, promo, dan kata kunci lain yang memiliki intensi pembelian. Ada banyak webiste yang memberi layanan riset ini seperti Ahrefs, Google Trends, hingga Ubersuggest.
Itulah tadi beberapa dasar dari search engine marketing yang diharapkan semakin meningkatkan pemasaran Anda. Untuk melakukan kegiatan pemasaran yang efisien, sebaiknya diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik.
Demikianlah Film Ketahui Dasar-Dasar Search Engine Marketing Masa Kini
Anda sekarang sedang melihat Film Ketahui Dasar-Dasar Search Engine Marketing Masa Kini dengan alamat link https://arsyfun.blogspot.com/2019/10/ketahui-dasar-dasar-search-engine.html
0 Komentar